Jeshita's personal journal of motherhood, fun-learning with the kid, homeschooling, muslim personal development, recipes, and other things she loves.

Kamis, 02 Juni 2016

Sesi Ketujuh Kelas Bayi Bermain 2016 (2): Field Trip Ke Scientia Square Park

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Kelas spesial yang kami tunggu-tunggu. Ingin tahu aktivitas apa saja yang kami lakukan selama field trip di Scientia Square Park?


Untuk Kelas Kepik (18-24 bulan), setiap periode Tim Rumah Dandelion merancang satu sesi outing. Dalam sesi ini, seluruh peserta Kelas Kepik bertemu dan bermain bersama. Pada periode Januari/Maret 2016, kami menghadiri field trip pertama kami, yaitu bermain bola dengan Little Kickers. Dalam sesi tersebut, kelas Kepik dari Rimba Baca berjumpa dengan peserta kelas dari Bintaro.

Dalam term kali ini, Tim Rumah Dandelion mengajak kami untuk mengunjungi dan bermain di Scientia Square Park BSD. Kali ini Kelas Kepik dari Rimba Baca, Bintaro, dan Kalimalang bergabung. Kebayang kan ramai dan serunya field trip yang kami ikuti hari Minggu lalu. Silakan dibaca ulasan dari Kelas Spesial kemarin.

Alhamdulillah walaupun rumah kami sangat jauh dari BSD, kami sampai tepat waktu sesuai dengan yang dianjurkan oleh Tim Rumah Dandelion. Pukul 08.00 pagi kami telah sampai di parkiran. Sebelum menuju spot pertemuan, kami makan terlebih dahulu di mobil.

Selesai dengan persiapan untuk bermain bersama, kami langsung menuju area pertemuan yang sudah diinfokan sebelumnya. Wah, ternyata sudah banyak juga yang hadir pagi-pagi. Dari Kelas Rimba Baca sudah ada Jazz dan Kaitlyn. Langsung saja kami bergabung.

Di area tersebut terdapat satu perosotan yang cukup besar, Si Teteh pun langsung mencobanya sambil menunggu teman-teman yang lain datang. Lumayan untuk sesi pemanasan. :)

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Setelah yang lain datang, Tante Binky, Tante Carmel, dan Tante Agstried mengajak kami untuk berkumpul di dalam sebuah ruangan. Tak lama kemudian, kami langsung menuju ke area taman disertai dengan bapak-bapak yang menjadi pemandu dari pihak Scientia Square Park.

Di samping beberapa petak sawah, kami mendengarkan briefing dari Tante Binky dan salah satu bapak pemandu (maaf...lupa namanya). Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok agar aktivitas yang dilakukan dapat dilakukan dengan lebih tertib dan fokus.

Sambil mendengarkan, kami memperhatikan area sekitar. Ternyata cukup luas juga tamannya. Alhamdulillah, pagi itu cuaca tidak terlalu terik dan tidak pula ada tanda-tanda akan hujan. Dapat dibilang pas suasananya. :)

Memberi Makan dan Bermain dengan Kelinci


Kelompok kami langsung diarahkan menuju area kelinci setelah briefing selesai. Si Teteh berjalan dengan riang gembira memasuki pagar. Nampaknya ia belum mengetahui apa kiranya yang ada di sana.

Sesampainya di ujung area, ia menyadari ada beberapa binatang yang ditempatkan di dalam kandang. Saya dan Bob langsung menjelaskan bahwa yang ada di dalamnya adalah kelinci. Sama dengan gambar kelinci di kaosnya yang ia pakai saat itu.

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Sejenak ia bersemangat dan kegirangan. Bapak yang memelihara dan menjaga kelinci memberikan beberapa potong ranting beserta daunnya sebagai makanan kelinci. Si Teteh pun langsung kami arahkan untuk memberi makan kelinci yang ada di kandang.

Eh, ternyata ada beberapa kelinci yang tidak berada di dalam kandang. Beberapa kelinci tersebut muncul secara tiba-tiba dari bawah kandang, dan langsung mendekati kami. Si Teteh agak terkejut akan kehadiran kelinci tersebut.

Ia sempat agak takut. Namun, karena ada beberapa teman-teman seperti Zebina dan Danes yang berani menghadapi kelinci, Si Teteh pun kembali berusaha untuk memberi makan.

Mempelajari Siklus Hidup Kupu-Kupu


Setelah memberi makan dan bermain dengan kelinci, kami menuju ke sebuah kandang besar. Tempat tersebut merupakan area pengembang-biakan kupu-kupu. Di dalamnya terdapat banyak pepohonan dan kupu-kupu yang hidup berkeliaran.

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Adapula satu kandang kecil, yang berisi beragam jenis kepompong. Ternyata itu kepompong betulan, lho. Di depan kandang tersebut bapak pemandu dari Scientia Square Park memberikan penjelasan kepada kami mengenai siklus hidup kupu-kupu.

Anak-anak pun diperbolehkan untuk menyentuh kupu-kupu yang dipegang oleh bapak pemandu. Sayang sekali, Si Teteh tidak berani untuk menyentuhnya. Konsentrasinya pun agak buyar, karena tak jauh dari ia berdiri ada teman yang sedang disuapi roti. Haha...salah fokus.

Memberi Makan Ikan


Kegiatan selanjutnya adalah memberi makan ikan-ikan yang letak kolamnya tidak terlalu jauh dari area penagkaran kupu-kupu. Nah kali ini, Si Teteh sangat bersemangat dan tanpa ragu bergegas menuju kolam ikan. Dengan girangnya ia berulang kali menyebut "Ikan, ikan, ikan."

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Sesampainya di kolam, petugas dari Scientia Square Park membagikan makanan ikan. Bob dan Si Teteh langsung memilih satu spot dan melemparkan makanan ikannya dari situ.

Walaupun aktivitas ini tergolong sangat sederhana, tetapi Si Teteh terlihat sangat menikmatinya. Ia pun meminta untuk menceburkan kaki ke kolam, meniru salah satu temannya yang sudah duluan mencelupkan kaki ke kolam.

Pertemuan Pertama dengan Kerbau


Selesai memberi makan ikan, kami bergegas ke area yang cukup luas. Di sana ada beberapa kerbau yang sedang merumput. Wah, pertama kali kami bertemu dengan kerbau secara langsung dan sangat dekat. 

Ukuran kerbaunya tidak terlalu besar dan sangat bersih. Sehingga anak-anak nampaknya tidak terintimidasi (saya juga, hehe). Awalnya Si Teteh mengira kerbau tersebut adalah anjing. Lalu kami jelaskan bahwa itu adalah kerbau yang bertugas membajak sawah, mirip dengan sapi.

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Beberapa kali Bob berusaha mendekatkan Si Teteh dengan kerbau. Namun ia menolak untuk terlalu dekat. Si teteh awalnya memegang, tetapi berikutnya ia lebih memilih menyentuh tangan Bob yang berada di atas kerbau. Jadi menyentuhnya tidak langsung. ^_^

Bermain Lumpur di Sawah


Kegiatan terakhir yang kami lakukan dalam field trip kemarin, yaitu bermain lumpur di sawah. Untuk pertama kalinya Si Teteh mencelupkan kakinya ke dalam lumpur. Lucu melihat reaksinya saat kakinya mulai tercelup.

Mulanya ia tak ragu sama sekali untuk masuk ke area sawah. Mungkin karena melihat teman-teman lain asik bermain lumpur. Akan tetapi, lama-kelamaan ia mulai terlihat antara kegelian atau tidak nyaman. Tak lama ia pun meminta Bob untuk mengeluarkannya dari sawah.

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Bob pun masih mencoba untuk bertahan di dalam sawah. Sampai akhirnya Si Teteh mulai berulah memaksa untuk keluar dari lumpur.

Keluar dari sawah, kaki Bob dan Si Teteh sangat kotor. Saat di luar, ia terlihat lebih tenang dan sedikit keheranan dengan sisa-sisa lumpur yang masih menempel di kakinya.

Beranjak dari area persawahan, Si Teteh dan Bob membersihkan diri. Kami pun menuju area lain dimana teman-teman Kelas Bayi Bermain lainnya sudah berkumpul. Sebelum menutup Kelas Spesial periode ini, kami bermain bebas bersama.

Anak-anak dengan cerianya mengejar bubble yang ditiupkan. Kemudian kami bernyanyi bersama untuk menutup acara. Tak lupa menyantap makanan ringan yang telah disediakan

rumah-dandelion-outing-kelas-spesial-bsd

Walaupun Si Teteh masih banyak keraguan dalam menjalani beberapa aktivitasnya, seperti perjumpaan dengan beberapa hewan dan kegeliannya bermain lumpur, outing kali ini benar-benar penuh kesan. Banyak hal baru yang kami alami, dan keseruannya kami rasakan bersama banyak teman baru.

Bahkan Si Teteh berkesempatan bertemu dengan Arizka dari Kelas Kepik Kalimalang, yang bundanya merupakan teman sebangku ibu semasa SMA dulu. Alhamdulillah, Kelas Spesial dari Rumah Dandelion selalu berkesan dan penuh manfaat.

Kegiatan luar ruang apa yang sudah teman-teman lakukan bersama anak minggu ini?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Happiness Through Sharing And Caring . All rights reserved. BLOG DESIGN BY Labinastudio .