Jeshita's personal journal of motherhood, fun-learning with the kid, homeschooling, muslim personal development, recipes, and other things she loves.

Kamis, 28 Januari 2016

Sesi Kedua Kelas Bayi Bermain 2016: Mengupas Telur Dan Tema Transportasi

sesi-2-kelas-bayi-bermain-2016-motorik-halus-stimulasi-kognitif

Apa saja yang kami pelajari dari sesi kedua kemarin?


Sebenarnya dalam pertemuan kemarin ada tiga macam permainan utama. Namun, kami hanya mengikuti dua permainan utama terakhir karena terlambat sampai di tempat. Saat kami sampai, popok Si Teteh perlu diganti terlebih dahulu. Terdengar sesi permainan pertama dari atas. Nampaknya teman-teman sekelas sedang bermain belanja-belanjaan. Ah, sayang sekali kami tidak dapat ikut serta.

Dari sesi kemarin, kami bermain mengupas telur dan pengenalan beberapa alat transportasi. Ternyata permainan-permainan sederhana ini memiliki banyak manfaatnya lho. Silakan dibaca selengkapnya untuk mengetahui manfaat-manfaat tersebut dan keasyikan kami di hari Sabtu kemarin.


sesi-2-kelas-bayi-bermain-2016-motorik-halus-stimulasi-kognitif

Mengupas Telur


Permainan ini utamanya bertujuan melatih motorik halus melalui proses mengupas yang dilakukan sedikit-demi sedikit oleh anak. Selain itu, kegiatan ini juga dapat diperuntukan bagi anak yang bertangan "gatal", alias yang tangannya gemar mengorek-korek kuku misalnya, atau mengupas cat dinding rumah, dll.

Cara bermainnya, orangtua cukup memegangi telur dan membiarkan anak mengupas telurnya. Jika anak sudah lebih handal, anak dapat memegang telurnya sendiri. Untuk tahap awal dapat mencoba dengan telur berukuran besar. Kemudian dicoba dengan ukuran yang lebih kecil seperti telur puyuh.

Dalam kegiatan ini Si Teteh langsung memegang telur yang besar dengan tidak sabarnya. Saat diberikan, telur tersebut bukannya dikupas melainkan langsung diremukkan sehingga terbelah dua. Ia hanya mengupas beberapa bagiannya saja, kemudian mulai memakan telurnya. ^_^

Sedangkan untuk telur puyuh, ia belum bisa mengupasnya. Mungkin di rumah kami harus melatihnya dulu beberapa kali dengan telur ayam biasa baru ditingkatkan menggunakan telur puyuh. Jangan lupa direbus dulu hehe.

sesi-2-kelas-bayi-bermain-2016-motorik-halus-stimulus-kognitif

Pengenalan Alat Transportasi


Setelah permainan pertama, kelas dilanjuti dengan dance/freeze yang bertujuan untuk memperkenalkan struktur. Pada periode sebelumnya kami sudah pernah melakukan kegiatan ini. Bedanya kali ini Si Teteh sudah mulai mengerti dengan cara bermainnya.

Setelah berjoget bersama, kegiatan selanjutnya berhubungan dengan tema transportasi. Selain bermanfaat untuk memperkenalkan macam-macam alat transportasi, permainan ini juga bertujuan untuk stimulasi kognitif dan memperluas span of attention.

Permainan ini menggunakan empat kartu yang didalamnya terdapat alat transportasi seperti mobil, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut. Jika anak belum terlalu familiar dengan nama atau jenis alat transportasinya, orangtua dapat memperkenalkan masing-masing alatnya. Permainan dapat dimulai dengan dua kartu terlebih dahulu.

Letakkan kartu-kartu tersebut di lantai, kemudian minta anak untuk melompat ke atas kartu yang disebutkan. Atau dapat juga dilakukan sambil duduk, dan anak diminta untuk menunjuk kartu yang alatnya disebutkan. 

Selain itu, kartu-kartu ini juga dapat dimainkan sebagai memory game. Orangtua dapat memperlihatkan satu-satu kartunya sambil menyebutkan nama alat-alatnya. Kemudian kartu dibalik, dan anak diminta menebak alat yang disebutkan.

Dalam prosesnya kemarin, Si Teteh belum terlalu mengerti cara bermainnya. Kami memang belum terlalu mengenalkannya dengan tema transportasi. Ia pun belum dapat melompat dengan benar. Sehingga yang kami lakukan yaitu berusaha mengenalkan alat-alat transportasi yang ada di kartu.

Ternyata Si Teteh lebih mudah untuk mengingatnya jika kami menggunakan suara dari alat-alat transportasi tersebut. Di saat ia diajak menjadi bayi contoh di depan kelas untuk bermain memory game berama Tante Nadia, ia pun hanya membuka satu-satu kartunya sesuka hati.

Ini merupakan motivasi untuk kami dalam memperkenalkan tema transportasi kepada Si Teteh. Kami pun perlu lebih sering mengajaknya bermain menyebut dan menunjuk, entah itu dari buku atau flashcard.

sesi-2-kelas-bayi-bermain-2016-motorik-halus-stimulasi-kognitif

Yah, berakhirlah kelas kemarin. Sebelum selesai kami menutupnya dengan kegiatan rutin baru, yaitu joget dengan pom-pom. Si Teteh dan teman-teman seisi kelas langsung tertarik mengambil pom-pomnya. Kami pun dengan serunya bergoyang bersama.

Tema atau permainan menarik apa yang sudah teman-teman lakukan bersama anak minggu ini?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Related Post:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Happiness Through Sharing And Caring . All rights reserved. BLOG DESIGN BY Labinastudio .