Jeshita's personal journal of motherhood, fun-learning with the kid, homeschooling, muslim personal development, recipes, and other things she loves.

Minggu, 07 Februari 2016

Buku Kegemaran Baru: Suara Apa Itu?


Buku ini tidak hanya unik dan menggemaskan, melainkan memiliki berbagai manfaat bagi pembaca ciliknya.


Buku 'Suara Apa Itu?' merupakan buku yang diterbitkan oleh Rabbit Hole. Buku-buku yang dikeluarkan oleh Rabbit Hole adalah buku-buku dongeng anak yang dilengkapi dengan ilustrasi yang menggemaskan. Tidak hanya ilustrasi yang menghibur, isi cerita yang disajikan pun disesuaikan dengan kegemaran anak atau tema yang menarik.

Devi Raissa, seorang psikolog lulusan Universitas Indonesia, adalah mastermind dari penerbit buku tersebut. Sehingga dapat dibayangkan isi dari bukunya, Inshaa Allah, baik dan bermanfaat bagi anak.

Terinspirasi dari salah satu kegiatan bersama Rumah Dandelion, tujuan saya menyediakan buku 'Suara Apa Itu?' untuk Si Teteh yaitu untuk memperkenalkan alat-alat transportasi. Selama ini tema transportasi belum pernah menjadi fokus utama kami.

Sejak kedatangan bukunya di hari Senin lalu, 'Suara Apa Itu?' telah menjadi buku favorit Si Teteh saat ini. Ingin tahu lebih jauh tentang bukunya? Ayo, dibaca saja.

Sebelum buku 'Suara Apa Itu?' saya telah membeli beberapa buku lainnya dari Rabbit Hole, diantaranya 'Cilukba!', Kotak Cerita 'Kisah Pedagang & Tabib', dan 'Bella dan Balon Merah'. Namun, saya belum sempat memberikan ulasan untuk ketiganya.

'Cilukba!' telah menjadi salah satu board book langganan yang biasa dibaca di mobil saat kami dalam perjalanan. Sedangkan Kotak Cerita 'Kisah Pedagang & Tabib' dan 'Bella dan Balon Merah' masih disimpan di dalam lemari.

Keduanya belum diberikan kepada Si Teteh karena bukan berupa board book dan belum sesuai dengan usianya. Selain isinya yang sangat menarik, saya membelinya karena tidak ingin kehabisan. Khawatir tidak akan diproduksi lagi. ^_^


Bulan Desember lalu, saya mendapatkan info dari nomor Whatsapp Rabbit Hole, bahwa mereka akan segera memproduksi buku 'Suara Apa Itu?'. Ada tawaran untuk melakukan pre-order dengan harga yang lebih rendah dari harga sebenarnya.

Setelah melihat sekilas preview bukunya, saya langsung memesan tanpa berpikir panjang. Buku tersebut datang tepat waktu sesuai dengan perkiraan pengiriman yang diinfokan oleh Rabbit Hole. Senangnya. :D

'Suara Apa Itu?' merupakan buku yang ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun. Dengan spesifikasi[1]hard coverboard book, ukuran 14 x 14 cm. Terdiri dari 18 halaman berwarna, yang dilapisi laminating doff, Ivory 1200 gram.

Menurut penulisnya, ada beberapa manfaat dari buku ini sebagai berikut[2]:
  • Mengenalkan alat-alat transportasi pada umumnya seperti sepeda, motor, mobil, pesawat, dan kereta. Bahkan terdapat kapal selam dan mobil pemadam kebakaran di dalamnya. Selain itu, buku ini juga menghadirkan jenis transportasi yang dapat ditemukan di Jakarta seperti bus Transjakarta, bajaj, becak, dan angkot.
  • Mengenalkan konsep 'atas-bawah' dan 'dekat-jauh'. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan kalimat seperti 'Pesawatnya ada di atas' atau 'Keretanya terletak di bawah jalan ini'.
  • Mengenalkan angka dan konsep hitung. Dari awal sampai akhir jumlah alat transportasi terus bertambah. Orangtua dapat menyebutkannya atau bertanya 'Ada berapa tadi keretanya?', atau 'Ada berapa motornya sekarang?'.
  • Memotivasi anak untuk berolahraga. Pengenalan alat-alat transportasi dalam buku ini memiliki latar belakang perjalanan keluarga yang sedang melakukan olahraga pagi di Senayan. Harapannya anak menjadi termotivasi untuk berolahraga setelah memahami ceritanya.
  • Meningkatkan rasa ingin tahu anak. Dengan membacakan cerita dalam buku ini, diharapkan rasa ingin tahu anak dapat bertambah. Terutama untuk anak yang sudah lebih besar. Anak dapat menebak suara dari alat transportasi yang ditunjuk, atau sebaliknya ketika orangtua menirukan suara dari salah satu kendaraan yang ada di dalam buku.
  • Mengajak anak untuk menggunakan transportasi publik. Dengan memberikan pengetahuan tentang transportasi publik sejak dini, diharapkan anak termotivasi untuk menggunakannya. Hal ini merupakan budaya yang baik untuk ditanamkan.


Setelah saya menerima paketnya dari kurir, saya langsung membukanya di hadapan Si Teteh. Di saat ia melihat isinya, ia pun berucap "WOW!". Setelah saya serahkan, seharian buku tersebut tak lepas dari tangannya. ^_^

Sampai hari ini Si Teteh masih terus minta dibacakan buku 'Suara Apa Itu?'. Ia juga sering membaca sendiri jika saya sedang tidak menemaninya. Saya turut senang dan puas dengan kehadiran buku ini. Bagi saya, gambarnya sangat menggemaskan. Alur ceritanya pun menyenangkan untuk diikuti. Boleh dibilang, kualitas board book dari Rabbit Hole kali ini semakin meningkat.

Oiya, hampir lupa. Satu hal lagi yang membuat saya jatuh hati dengan koleksi buku-buku dari Rabbit Hole adalah sudut pandang cerita yang menjadikan anak sebagai tokoh utamanya. Seolah-olah kami yang sedang membacanya menjadi pemeran dalam buku tersebut. :D


Jika teman-teman tertarik dengan buku-buku dari Rabbit Hole, silakan kunjungi akun instagramnya - @rabbitholeid. Saran dari saya, jika tertarik langsung saja pre-order. Selain mendapatkan harga yang lebih terjangkau, biasanya ada bonus. 

Seperti bonus 4 wayang tokoh buku 'Suara Apa Itu?' yang kami dapatkan. Wayangnya belum sempat dibuat, yang tertera dalam foto di atas masih bentuk asli dari paket yang kami terima.

Berminat untuk membacanya?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Sumber:
[1]https://deviraissa.wordpress.com/2016/01/19/suara-apa-itu/#jp-carousel-7885
[2]https://deviraissa.wordpress.com/2016/01/19/suara-apa-itu/#jp-carousel-7886

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Happiness Through Sharing And Caring . All rights reserved. BLOG DESIGN BY Labinastudio .