Jeshita's personal journal of motherhood, fun-learning with the kid, homeschooling, muslim personal development, recipes, and other things she loves.

Kamis, 28 Juli 2016

Do-a-dot Sticker

kegiatan menempel stiker motorik halus

Ingin tahu salah satu kegiatan kegemaran Si Teteh belakangan ini?


Yupp, do-a-dot sticker jawabannya. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang diilhami dari salah satu sesi Kelas Bayi Bermain bersama Rumah Dandelion di term terakhir beberapa bulan lalu. Saat itu, Si Teteh pertama kali berkenalan dengan tempel-menempel stiker.

Aktivitas sederhana ini juga banyak menolong saya di saat Si Teteh masa tantrumnya memuncak. Ia dapat lebih fokus pada permainan daripada terus uring-uringan mengikuti saya ke seluruh area rumah ketika saya harus mengerjakan pekerjaan rumah. Untuk lebih lengkapnya mari dibaca.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Rumah Dandelion, kegiatan do-a-dot sticker ini bertujuan untuk melatih koordinasi mata-tangan dan juga mengasah kemampuan motorik halus (fine motor skill). Dalam sesi Kelas Bayi Bermain saat itu, template yang disediakan berupa printable bintang laut yang dicetak.

Sedangkan kali ini, saya mempersiapkannya dengan mengambar sendiri dikarenakan printer lama kami sudah tidak berfungsi lagi. Jadi saya harus lebih rajin sedikit untuk menggambar dan mewarnai templatenya. ^_^

Saya meniru gambar-gambar sederhana yang dapat saya temukan di internet. Bahan/alat yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapat, bahkan mungkin teman-teman sudah memilikinya juga di rumah. Bahan dan alat yang diperlukan, yaitu:
  • Kertas menggambar (saya menggunakan kertas A4 biasa)
  • Pensil
  • Pensil warna/crayon
  • Stiker bulat-bulat berwarna
*) Untuk stiker bulat saya membelinya dari Mainan Buatan Bunda


kegiatan menempel stiker motorik halus

Saya sengaja menyediakan gambar dengan beberapa warna agar Si Teteh dapat mencocokkan warna stiker dengan template. Namun, ia berkreasi sendiri dengan memilih warna stiker sesuai keinginannya. Saya pun tak keberatan. Itu merupakan proses pembelajarannya dan salah satu cara untuk meningkatkan daya kreativitasnya.

Alhamdulillah, aktivitas sederhana ini dapat membuat Si Teteh fokus kurang lebih 5 menit sampai dengan 15 menit. Tergantung dengan mood dan keinginannya di saat bermain. Saat puncak masa tantrum beberapa minggu lalu, kegiatan ini juga menjadi penyelamat.

Si Teteh yang sempat uring-uringan kalau saya hendak mengerjakan pekerjaan rumah menjadi lebih anteng untuk ditinggal dengan aktivitas do-a-dot sticker ini. Selain itu, dia juga gemar menggunakan stiker bulat-bulatnya untuk ditempelkan di tempat-tempat lain. Beberapa buku yang dipajang di rak buku sebagian halaman depannya dipenuhi dengan stiker.

Hal ini pun saya biarkan karena menjadi kesenangan baru untuknya. Saya pikir hal tersebut tidak merusak juga, sewaktu-waktu dapat dicabut. Asal anak senang dan tenang, ibu pun happy.

Kegiatan apa yang sedang digemari anak teman-teman minggu ini?

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Related Post:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Happiness Through Sharing And Caring . All rights reserved. BLOG DESIGN BY Labinastudio .